BIMBEL Bersama TFI
Pengajaran BIMBEL di SD Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul
Dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)
Kelas : LC11
Dosen : Ramot peter,S.pd,M.th
Lokasi : SD Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul,jl.KH Mud ham dekat binus kijang
PIC : Bapak Sutejo (081319493881)
Hari: Kamis,5 November 2015
Jam Mengajar: 07:30-09:30
Jumlah Siswa : 18 (1 Kelas)
Anggota yang hadir: (6/7)
-Barry Fugotomo 1801394370 (Ketua Kel)
-Shinta Alatas 1801402624
-Fachrillah 1801410254
-Khoiry Alfis 1801424915
-Fikili Fadly 1801449104
-Devid 1801430174
Anggota yang tidak Hadir
-Cintami Angelina 1501209912
Devid paling kiri,dilanjutkan ke kanan Shinta,Khoiry Alfis,Fachrillah,Barry,Fikilifadly |
Hari Pertama Kamis,29-11-2015.Kami berkumpul di Kampus kijang jam 6:30 untuk menghindari keterlambatan kami datang lebih awal,lalu kami menuju ke lokasi mengajar dan tiba pukul 6:50 pagi dan menuju ruang kepala sekolah untuk bertemu Pak Sutejo sebagai Kep.Sek dan PIC kami dan meminta ijin untuk mengajar Matematika sesuai dengan perjanjian yaitu kami berkomitmen untuk mengajar setiap hari Kamis jam 7:30 pagi dan mengajar anak Kelas 1A selama 6 kali mengajar.
Kelas 1A |
Lalu kami meminta bahan materi dengan wali kelas yang bersangkutan yaitu
Ibu Iffa wali kelas 1A dan materinya berupa Menentukan waktu pada Jam
serta alat ukur.Lalu kami diberikan buku materi oleh ibu Iffa untuk
didikusikan dengan kelompok kami.Setelah jam menunjukan pukul 7:25
pagi,kami bergegas untuk memasuki kelas 1A dan berkenalan dengan
anak-anak lalu kami mulai mengajar.
Ruang kelas 1A |
Menjelaskan Materi |
Fachrillah menjelaskan benda panjang dan pendek |
Fikili Fadly |
Barry mengambar pengaris |
Suasana bimbingan dalam kelas |
diatas adalah Foto-foto kelompok kami dalam mengajar
matematika,sangat seru sekali mengajar anak-anak kelas 1 dan pastinya
dengan cara mengajar yang berbeda karena mereka masih belum mengerti
tentang apa itu alat ukur dan masih polos,ada anak yang sangat
bersemangat dan ada yang hanya pendiam saja,kami berkeliling dan
menjelaskan satu persatu tentang alat ukur dan menghitung Waktu pada
Jam.
Devid menjelaskan benda panjang dan pendek |
Lalu setelah kami mengajar kami mengunjungi ruang kepala sekolah untuk bertemu dengan pak Sutejo dan meminta pak sutejo untuk mengisi forum evaluasi sebagai survey untuk kelompok kami.
Forum Evaluasi 1 |
Laporan Kehadiran |
Materi yang diajarkan:
-Benda panjang dan pendek
-Perbedaan Waktu
Kami membahas materi dengan cara membimbing setiap murid dalam mengerjakan tugasnya pada buku sangkil yang dimiliki setiap murid
Hasil Kegiatan
-Sebelum pembelajaran :
1.Tidak semua anak mengerti cara membaca waktu pada Jam
2.Belum bisa membedakan antara benda yang lebih panjang dan pendek
3.Belum mengerti pengukuran dengan Jengkal
-Setelah pembelajaran :
1.Hampir semua anak mengerti tentang Alat Ukur dan mengukur dengan jengkal
2.Hampir semua anak sudah dapat membedakan benda yang panjang dan pendek
3.Beberapa anak sudah menguasai cara menentukan waktu pada Jam
Kesimpulan:
Pembelajaran Bimbel pertama kami pada minggu ini tergolong sangat membantu meringankan beban Guru dan membantu mendidik anak-anak, keseluruhan anak sangat aktif, sehingga materi ini masih sangat gampang untuk dimengerti.
To do Next:
Anak-anak kelas 1 masih sangat sedikit motivasinya untuk belajar secara serius oleh karena itu untuk pertemuan berikutnya kami diminta oleh guru wali kelas kami ibu Iffa untuk menbuat yel-yel dan nyanyian-nyanyian untuk anak-anak agar mereka dapat lebih aktif dalam beajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar